Cara Alami dan Aman Sebagai Pelancar ASI

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu menyusui yaitu produksi ASI yang tidak cukup. Tentu saja hal ini akan membuat ibu khawatir karena takut sang buah hati tidak mendapatkan gizi yang cukup dan pada akhirnya beralih ke susu formula. Padahal, terdapat cara yang bisa dilakukan sebagai pelancar ASI alami.

Cara-cara Pelancar ASI Untuk Ibu Menyusui

ASI harus diberikan selama 6 bulan pertama agar bayi dapat membantu tumbuh kembang si kecil lebih baik dan ASI juga mengandung antibodi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Maka dari itu sebaiknya ASI tidak diganti dengan susu formula mengingat pentingnya ASI bagi bayi. Untuk membantu memperlancar produksi ASI anda bisa mencoba cara alami berikut ini :

  1. Memijat payudara

Pemijatan payudara yang benar dapat membantu memperlancar ASI yaitu dengan cara :

  • Tekan dinding payudara dengan jari telunjuk dan jari tengah di mana pemijatan dilakukan dari pangkal payudara.
  • Lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara setelah itu perlahan-lahan menuju ke puting dengan gerakan seperti obat nyamuk. Lakukan selama 30 detik.
  • Lakukan dari pangkal payudara menuju puting dan bukan sebaliknya.
  1. Pompa ASI

Pompa ASI dapat membantu merangsang produksi ASI namun pastikan untuk memompa ASI secara konsisten selama 10 menit pada masing-masing payudara antara waktu menyusui. Jika memungkinkan, pompa ASI pada jam 2-5 pagi karena produksi ASI akan meningkat pada jam tersebut.

  1. Jangan berhenti menyusui

Jangan berhenti menyusui meskipun produksi ASI yang sedikit. Anda bisa menyusui dengan menggunakan kedua payudara secara bergantian untuk merangsang produksi ASI.

  1. Skin to skin nurse

Sebisa mungkin agar kulit ibu dan kulit bayi selalu bersentuhan pada saat menyusui karena dipercaya dapat meningkatkan ikatan emosional antara ibuk dan anak serta dapat merangsang produksi ASI. Bayi bisa menyusui hanya dengan memakai popok saja dan tidak terhalang oleh bra dan baju ibu. Namun pastikan jika ruangan menyusui tetap hangat atau bisa membalut tubuh ibu dan bayi bersamaan dengan selimut agar tetap hangat.

  1. Menyusui setiap 2-3 jam sekali

Bayi baru lahir setidaknya harus diberikan ASI 12 kali sehari sehingga anda bisa memberikan ASI setiap 2-3 jam sekali meskipun bayi sedang tidur. Biarkan bayi menyusu selama yang ia mau karena bayi akan berhenti menyusu dengan sendirinya jika sudah kenyang. Hal ini dilakukan untuk mencukupi nutrisi bayi meskipun ASI yang dihasilkan sedikit.

  1. Cukupi waktu tidur

Dengan menjalankan pola hidup yang sehat termasuk mencukupi waktu tidur dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Sebisa mungkin untuk mengurangi kegiatan yang dapat membuat tubuh terlalu lelah. Apalagi bayi bisa saja bangun tengah malam dan rewel yang dapat mengganggu tidur. Maka dari itu usahakan untuk tidur ketika bayi sudah tidur.

  1. Makan makanan bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi juga dapat membantu memperlancar produksi ASI karena kebutuhan gizi harian akan tercukupi. Ibu menyusui membutuhkan 300-500 kalori setiap hari. Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperlancar ASI yaitu salmon, bayam, daun katuk, kacang almond, oatmeal, dan masih banyak lagi.

  1. Konsumsi cukup air mineral

Terdengar sepele namun mengonsumsi air mineral yang cukup setiap harinya dapat membantu memperlancar produksi ASI. Air mineral bahkan menjadi faktor pelancar ASI yang baik dan aman bagi ibu dan bayi. Anda juga bisa memperbanyak jus buah-buahan dan sayur-sayuran tanpa gula. Namun jus tersebut harus dibuat sendiri dan bukan dalam bentuk minuman kemasan karena mengandung bahan kimia.